Follow me on Twitter RSS FEED

POLA MAKAN YANG BAIK DALAM MENGGIKUTI FLA_FITNES

Posted in
POLA MAKAN YANG BAIK DALAM MENGGIKUTI FLA_FITNES

Seorang hardgainer (tipe badan yang secara genetik sulit untuk dapat menambah berat badan dan massa otot) sering mengalami kesulitan pada saat kompetisi bodybuilding. Kita pasti menganggapnya hebat jika mampu memiliki tubuh seperti orang-orang yang bentuk tubuhnya mesomorfik. Namun sebenarnya membentuk otot itu mudah, meskipun Anda seorang hardgainer, jika Anda tahu caranya.

Pikirkan program pembentukan tubuh Anda sebagai sebuah kursi bar. Punya 3 kaki. Jika salah satu kakinya tidak ada, atau lebih panjang, atau lebih pendek dibanding 2 kaki lainnya, artinya Anda bermasalah. Hal itu juga berlaku pada pembentukan otot (muscle building).

Tiga komponen itu adalah presisi berat beban latihan Anda, pola makan Anda (termasuk suplementasi yang tepat), dan program ‘penurunan’ dan ‘pembebasan’ Anda.
Sedikit saja perubahan pada salah satu dari 3 instrumen di atas, maka usaha Anda akan sia-sia. Bahkan Anda bisa kehilangan berat badan jika Anda tidak hati-hati.

Singkatnya, garis besar dari ketiga komponen itu adalah:


Latihan
Anda jangan terlalu sering mengamati perubahan fisik Anda, maksimal 3 kali per minggu, dengan masing-masing bagian tubuh tidak lebih dari setelah 2 latihan per minggu. Misalnya, kaki dan lengan pada hari A, torso pada hari B, dan seterusnya. Lanjutkan seperti itu sampai 8 minggu. Biarkan fisik Anda yang menuntun Anda. Ini mungkin mudah dipraktekkan? Tentu tidak!
Program ini mengharuskan Anda berusaha keras membagi Istirahat dan Recovery Anda dengan adil. Anda lihat, banyak hardgainer yang mengikuti anjuran para bodybuilder kawakan, yang memang secara genetik mereka diberkahi badan yang indah, mengkonsumsi steroid dan obat alternatif lain untuk meningkatkan performa dan sangat berambisi untuk membentuk tubuhnya. Kebanyakan dari kita tidak sama dengan para bodybuilder, dari segi manapun.
Menurunkan volume latihan akan memberikan Anda waktu istirahat dan kebebasan sebagai syarat untuk menambah berat badan Anda. Bagaimanapun juga, Anda kemungkinan akan berlatih dengan tehnik latihan intensitas tinggi. Tambahlah latihan Anda, lakukan 6 – 10 repetisi untuk tubuh bagian atas, dan 10 – 15 repetisi untuk kaki Anda, dengan beban semaksimal mungkin (dua repetisi terakhir harus benar-benar mematikan). Tambahlah intensitas latihan Anda. Gunakan super set dan tehnik pre-exhaust.

Nutrisi
Anda harus melahap kalori lebih banyak dari yang Anda keluarkan. Ikuti diet tinggi protein dan kurangi karbohidrat. Batasi lemak. Makanlah telur (4 – 8 per hari), susu, serta daging sapi. Daging ayam dan ikan juga bisa ditambahkan sebagai sumber protein yang baik.
Kenyataannya, jika Anda mampu mengkombinasikan konsumsi 2 gram protein tiap kilogram berat badan dengan mengatur sumber makanan seperti di atas, berarti Anda berada di jalur yang benar.
Suplemen protein berkualitas tinggi, asam amino pemicu hormone pertumbuhan seperti arginine dan ornitin, serta tablet liver yang dikeringkan. Dan juga Anda harus mengkonsumsi tambahan vitamin dan mineral kira-kira dua kali sehari.
Makanlah sampai 6 kali per hari. Tiga kali makanan utama dengan diselingi snack. Pada hari latihan, konsumsilah 20-30 gram protein sebelum dan setelah latihan beban.

Istirahat dan Relaksasi
Tidurlah selama 8-10 jam sehari dan buatlah semacam laporan saat Anda akan tidur dan saat bangun tidur.
Jika bisa, cobalah tidur sebentar setelah latihan. Tubuh Anda akan tumbuh saat Anda tidur. Tidur selama 30 menit saja pun bisa memberi peningkatan daripada tidak sama sekali. Pada hari off latihan Anda, coba lakukan kegiatan yang santai, seperti membaca, browsing internet, atau memancing. Apapun yang membuat pikiran Anda rileks. Banyak hardgainer yang berhasil juga terbantu dengan melakukan meditasi. Yoga juga bisa. Ini tidak mudah, tetapi mekanisme yang ‘aneh’, kegiatan ini memang membuat Anda lelah dan rileks pada saat bersamaan.
Itulah yang bisa Anda lakukan. Tiga kunci penting untuk menambah berat badan Anda. Semoga sukses!

Tags: hardgainer, istirahat, latihan beban, menambah berat badan, Muscle Building, nutrisi, pembentukan otot
Muscle Building

July 21, 2009 by Tim Dunia Fitnes
Filed under Muscle Building

Leave a Comment


Mempunyai tubuh yang sehat dan kuat adalah harapan semua orang, banyak orang yang menginginkan tubuh berisi dan mempunyai massa otot yang ideal. Panduan ini disusun untuk orang yang ingin menjalankan program muscle building atau body shaping.

Panduan ini berisi tentang semua yang ingin Anda ketahui untuk memperoleh tubuh idaman Anda mulai dari pola makan, olahraga dan suplementasi yang membantu program Anda.

PERTANYAAN YANG SERING MUNCUL
Apakah muscle building itu?
Muscle building adalah program pembentukan badan yang dilakukan dengan cara latihan, pengaturan pola makan, suplementasi dan istirahat yang cukup untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal sesuai yang Anda inginkan, disebut juga body shaping atau bodybuilding.

Apakah suplemen itu?
Suplemen adalah makanan tambahan yang berguna untuk membantu memenuhi kebutuhan tubuh sehingga seluruh organ tubuh akan berfungsi dan berkembang secara maksimal.

Apa kegunaan suplemen di dalam program muscle building?
Suplemen yang dipakai di dalam program muscle building berguna untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan memaksimalkan potensi otot untuk berkembang.

Apakah suplemen membuat Anda ketagihan dan mempunyai efek negatif terhadap kesehatan?
Suplemen tidak dapat membuat Anda ketagihan dan tidak mempunyai efek negatif selama dikonsumsi sesuai aturan.

Apa itu Ultimate Nutrition?
Ultimate Nutrition adalah merek sebuah suplemen berkualitas yang diproduksi oleh Ultimate Nutrition Inc. yang berlokasi di Farmington, CT. United States.

Dalam pembentukan program Muscle Building, Anda perlu memperhatikan 4 poin:
Pola Makan yang disiplin, artinya makan 5-6x sehari, tinggi protein, rendah karbohidrat dan rendah lemak. Tujuannya untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan menajamkan massa otot kita.
Pola Latihan yang rutin, artinya menu latihan dalam seminggu rata untuk semua bagian otot kita. Contohnya kita ingin membentuk otot perut tapi tetap perlu memperhatikan latihan kaki. Selain itu, usahakan selalu mendahulukan otot besar (dada, punggung, bahu, kaki) baru otot kecil (lengan, perut dan betis) saat melatih dalam 1 sesi.
Pola Istirahat yang cukup, artinya kita merusak otot dalam sesi latihan dan istirahat memperbaiki otot kita menjadi lebih besar dan kuat. Sehingga kualitas dan kuantitas istirahat yang tinggi akan sangat membantu kita mencapai tujuan.
Pola Suplemen yang jitu, artinya kita mesti jeli memilih jenis suplemen yang akan membantu program kita. Contohnya dalam program Muscle Building, suplemen yang dibutuhkan adalah Weight Gainer (Isomass Extreme Gainer) dan Creatine Ethyl Esther (Kre Alkalyn)

POLA MAKAN
Pola makan adalah salah satu aspek penting dalam keberhasilan program muscle building. Pengaturan pola makan yang baik dapat membuat otot Anda bertumbuh secara maksimal dalam waktu yang relatif singkat seiring dengan perkembangan latihan Anda.

Konsep pola makan dari program Muscle Building adalah menambahkan kalori dari jenis makanan yang ideal dan pilihan suplemen cenderung mencari weight gainer yang berkalori cukup tinggi.
Di bawah ini adalah contoh untuk pengaturan pola makan ketika Anda sedang menjalankan program muscle building.

Contoh pola makan
Sarapan
2 potong roti gandum / 3-4 sendok oatmeal
1 Scoop Isomass / Massive Weight Gainer / Muscle Juice

Snack Pagi
2-3 potong roti gandum + 1 buah apel/ jeruk/ pir

Makan Siang
150 gram dada ayam / ikan / sapi
80-100 gram beras merah (posisi belum masak)
100 gram sayuran
1 butir Daily Complete Formula

Snack Siang
1 Scoop Isomass / Massive Weight Gainer / Muscle Juice
2-3 sendok makan oatmeal

Sebelum Latihan
1 scoop AdreNOline / 2 butir Kre Alkalyn / 4 butir Beta K
1 buah pisang

Sesudah Latihan
1 Scoop Isomass / Massive Weight Gainer / Muscle Juice

Makan Malam
150 gram dada ayam / ikan / sapi
80-100 gram beras merah (posisi belum masak)
100 gram sayuran
1 butir Daily Complete Formula

Catatan:
Makanan yang ideal adalah rendah lemak, rendah karbohidrat dan tinggi protein. Jenis makanan berlemak adalah yang digoreng, jenis makanan yang memiliki sifat karbohidrat simple adalah nasi putih, roti putih, gula, kue, es krim dan biscuit; sedangkan karbohidrat yang bisa dikonsumsi adalah karbohidrat complex seperti nasi merah, oatmeal, ubi, roti gandum. Makanan berprotein adalah ayam, ikan, sapi, putih telur, tahu tempe.
Pengolahan daging boleh dimasak dengan direbus, dibakar, atau dipanggang asal tidak digoreng dengan minyak, menggunakan bumbu sarat lemak atau menggunakan gula. Garam diperbolehkan, tetapi dalam jumlah yang sangat kecil. (garam diet lebih disarankan).
Porsi menu diatas dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh Anda.
Waktu untuk mengkonsumsi menu diatas tidak mengikat, dapat disesuaikan bagi yang latihan di pagi hari. Yang penting usahakan makan 5-6x sehari dalam porsi yang kecil.
Dalam program Muscle Building banyak menggunakan susu protein penambah massa otot dan berat badan (weight gainer) daripada Amino. Alasannya adalah saat program ini berjalan yang diperlukan adalah jumlah asupan protein dan karbo serta kalori yang cukup tinggi; dianjurkan diperoleh dari jenis makanan yang ideal.

SUPLEMENTASI
Suplemen yang diperlukan dalam program ini adalah jenis suplemen Weight Gainer yang memiliki protein, karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi untuk menebalkan massa otot kita dan otomatis menambah berat badan.

Berikut contoh suplemen yang bisa dikonsumsi pada Muscle Building:

Isomass Extreme Gainer / Massive Weight Gainer / Muscle Juice
Merupakan suplemen susu protein, karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Ada pula yang mengandung multivitamin & multimineral hingga nitric oxide untuk menunjang pumping serta meningkatkan tenaga Anda saat latihan.

Daily Complete Formula
Merupakan suplemen multivitamin & multimineral berbentuk tablet.
Fungsi utamanya adalah memenuhi asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita sehari-hari yang pasti tidak tercukupi dari makanan.
Asupan protein yang kita konsumsi sehari-hari tidak akan semuanya diserap apabila organ kita tidak optimal, kebutuhan vitamin dan mineral yang tercukupi akan membantu kerja organ tubuh kita lebih optimal.
Suplemen ini sering diabaikan namun tubuh sangat membutuhkan terutama dalam program diet dan latihan yang keras. Jadi pertimbangkan untuk menambahkan suplemen ini dalam menu Anda.

Kre-Alkalyn / Beta K
Merupakan suplemen creatine yang membantu perkembangan massa otot sehingga lebih cepat terbentuk. Berbentuk kapsul dan mudah dikonsumsi serta tidak ada pantangan bagi yang sedang program Six Pack ataupun menebalkan massa otot.

AdreNOline
Merupakan suplemen nitric oxide yang fungsi utamanya adalah vasodilator, yaitu pelebaran pembuluh darah sehingga memudahkan nutrisi yang diasup untuk masuk terserap ke badan. Selain itu, AdreNOline juga memberikan ledakan tenaga yang tinggi saat latihan sehingga memungkinkan kita mengangkat beban yang berat dengan baik.

Creatine Monohydrate
Merupakan suplemen creatine basic yang berupa bubuk dan kapsul. Fungsi utamanya adalah meningkatkan energi saat latihan apabila dikonsumsi sebelum latihan dan meningkatkan massa otot apabila dikonsumsi setelah latihan. Suplemen ini membutuhkan tahapan loading & maintenance serta off phase. Perkembangan terbaru dari suplemen ini berupa Kre-Alkalyn, Beta K yang sudah tidak memerlukan tahapan loading.

*Catatan: Tidak semua suplemen harus digunakan pada contoh pola makan diatas. Pilih kombinasi yang terbaik untuk Anda.

POLA LATIHAN MUSCLE BUILDING
Inti dari pola latihan Muscle Building adalah merangsang pertumbuhan massa otot sebanyak mungkin melalui beban yang optimal. Jatah set untuk otot besar adalah 9-12 set inti dan untuk otot kecil adala 6-8 set inti. Terapkan metode failure pada reps yang telah ditetapkan serta gunakan juga metode negative movement.
Negative movement adalah gerakan perlahan pada saat beban turun dan gerakan cepat pada saat beban naik.
Treadmill pada program ini minim, hanya 2x seminggu sekedar untuk menjaga kebugaran dan kadar lemak Anda.

RED MORE..

1 komentar:

Balinet Nawadwipa mengatakan...

Kalau ingin lebih sehat di tengah pandemi bisa cari tahu di blog kami Usana Bali, jangan ragu untuk hubungi kami kaka!

Posting Komentar