Follow me on Twitter RSS FEED
Posted in
PENERAPAN KOMPUTER



Zaman yang serba canggih sekarang ini telah ditandai oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut perlu diimbangi oleh sumber daya manusia yang mampu beradaptasi dengan cepat. Teknologi informasi dan komunikasi juga erat hubungannya dengan komputer yang sudah menjadi kebutuhan mutlak sekarang ini.
Komputer tidak saja dapat digunakan sebagai alat berhitung, tetapi juga sebagai sumber informasi dan alat komunikasi. Informasi dan komunikasi dapat dilakukan karena komputer memiliki jangkauan yang sangat luas, cepat, dan praktis. Kita dapat mengirimkan surat melalui e-mail (electronic e-mail)ke seseorang dalam waktu beberapa menit, bahkan beberapa detik ke seluruh negara. Komputer berfungsi sebagai pusat dan media informasi, untuk mencari informasi secara cepat jika sudah terhubung dengan jaringan internet.

Penggunaan komputer sebagai teknologi informasi perlu dapat perhatian utama agar berjalan sesuai dengan fungsi dan manfaatnya, yakni manfaat dalam sikap, kesehatan, dan keselamtan kerja (K3). Sumbangan iptek terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidaklah dapat dipungkiri. Namun manusia tidak bisa pula menipu diri sendiri akan kenyataan bahwa iptek mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia.
Kebenaran yang manusiawi haruslah lebih dari sekedar kenyataan obyektif. Begitu juga iptek tidak mengenal moral kemanusiaan, oleh karena itu iptek tidak pernah bisa menjdai standar kebenaran ataupun solusi dari masalah-masalah kemanusiaan.

Penerapan Komputer dalam berbagai bidang berdasarkan kegunaan, keuntungan, dan kerugiannnya :
1. Bidang Informasi dan Komunikasi

Kegunaannya antara lain:
a. Kita akan lebih cepat mendapatkan inforamasi-informasi yang akurat dan terbaru dari bumi bagian manapun melalui internet.
b. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya melalui handphone.
c. Kita mendapatkan layanan bank yang dengan sangat mudah dan lain-lain.

Keuntungannya antara lain:
a. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di ineternet yang bisa disalahgunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu.
b. Kerahasiaan alat tes semakin terancam.Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi secara langsung dari internet.

Kerugiannya adalah Kerusakan computer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stressyang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.

2. Bidang Ekonomi dan Industri
Kegunaanya antara lain: Untuk meningkatakan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.

Keuntungannya antara lain:
a. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi.
b. Terjadinya industrialisasi
c. Persaingan dalam dunia kerja sehingga menuntut pekerja untuk selalu menambah skill dan pengetahuan yang dimiliki.

Kerugiannya antara lain:
a. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
b. Generasi yang secara moral mengalami kemerosotan: konsumtif, boros, dan memiliki jalan pintas yang bermental “instant”.

3. Bidang Sosial dan Budaya
Kegunaannya adalah Untuk melestarikan sosial dan kebudayaan bangsa di seluruh dunia.

Keuntungannya antara lain:
a. Perbedaan kepribadian pria dan wanita.
Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini semakin besar posisi sebagai pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis.
b. Meningkatkan rasa percaya diri.
Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah meningkakan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan semakin kokoh. Bangsa-bangsa barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa Asia.


Kerugiannya antara lain:
a. Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan remaja dan pelajar.
b. Pola interaksi antar manusia yang berubah. Contohnya: Melalui program internet relay chatting (IRC) anak-anak bisa asyik mengobrol dengan temandan orang asing kapan saja.

4. Bidang Pendidikan
Kegunaannya adalah Untuk menambah wawasan bagi para pelajar maupun mahasiswa untuk lebih mengenal tentang iptek.

Keuntungannya antara lain:
a. Munculnya media massa,khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan. Dampak dari hal ini adalah Guru bukannya satu-satunya sumber ilmu pengetahuan.
b. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka.

Kerugiannya adalah Seperti kita ketahui di bidang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral rendah. Contohnya dengan ilmu komputer yang tinggi maka orang akan berusaha menerobos sistem perbangkan dan lain-lain.

5. Bidang Politik
Kegunaannya adalah Agar masyarakat lebih mengenal tentang dunia politik.

Keuntungannya antara lain:
a. Timbulnya kelas menengah baru. Kemampua, keterampilan serta gaya hidup mereka sudah tidak banyak berbeda dengan kelas menengah di Negara-negara Barat.
b. Proses regenerasi kepemimpinan.

Kerugiannya seperti Adanya kecendurungan tumbuh untuk melaksanakan demokrasi dalam pemilihan Gubernur, Calon Kabinet, dan lain-lain.

RED MORE..

0 komentar:

Posting Komentar